Sunday, March 19, 2017

Pegalaman Datang dan Berburu Tiket Murah di Garuda Travel Fair, Maret 2017 di JCC Senayan, Jakarta

Well, gue bela-belain dateng kesini karena ngincer promo tiket Jakarta ke Labuan Bajo, selain udah lama banget mau traveling ke Pulau Komodo gue juga tergiur sama promo di Billboard GATF di Rasuna Said, Kuningan yang 1,5juta PP. Selain itu cuma Garuda yang punya rute terbang direct Jakarta ke Labuan Bajo. Maskapai  lain rata-rata transit di Bali dengan total harga tiket lebih 1,5juta.

Karena Tau bakal ngantri banget seperti tahun-tahun sebelumnya gue dateng jam 7 pagi. Bahkan ada lho yang ngantri dari subuh, gilee... Dan bener aja pas sampe sana membludak banget! Buat yang mau kesini ga diharapkan bawa anak kecil, karena kasian bakal sumpek ngantri segala macem.
Setiap event GATF ini sistemnya beda-beda. Tapi biasanya tetap ada yang namanya program Happy Hour (harga-harga tiket yang dijual lebih murah di jam-jam happy hour ini) yang ternyata harganya ga tetep ga murah-murah banget dan ada juga program cash back untuk pemegang kartu kredit bank tertentu. Nah tiap tahun dan tiap kota GATF ini kerjasama dengan bank yang berbeda-beda dengan sistem cash back yang berbeda-beda pula. Untuk event pada bulan Maret 2017 kali ini GATF kerjasama dengan Bank BNI. Tapi buat nasabah BNI jangan seneng dulu karena promo cashback cuma buat pemagang kartu kredit PLATINUM doang.
Nah buat yang ngincer cash back kuotanya cuma 275 orang per hari, ke 275 orang itu nanti dikasih gelang tanda gitu. Jadi orang-orang ngantri sedari subuh tuh buat dapetin jatah gelang cash back ini. 1 gelang untuk 1 orang pemegang kartu kredit BNI dengan maksimal 2 tiket pembelian.
Berapa banyak cash backnya? 1,5 juta, mayaannn tapiii cuma buat 25 orang tercepat doang! Setelah habis, casbacknya turun jadi 500rb. 

Lalu disana akan banyak booth-booth travel agent. Gw ngiderin berbagai travel agent dari agen yang gede sampai yang kecil. Sampe lutut gue mau copot karena kelamaan berdiri antri. Dan ternyata harga-harga di tiap travel agen itu bisa beda-beda. Ga ngerti juga sih kenapa bisa begitu. Dan sepulang dari sana, temen saya yg sempet datang ke GATF tahun lalu cerita kalau harganya ga semurah tahun lalu.
Buat yang cuma bisa jalan-jalan di tanggal peak season, seperti libur lebaran, libur natal dan tahun baru mending ga usah kemari. Karena itu tanggal black out. Ga akan ada harga promo di tanggal-tanggal itu.
Tips sebelum kesini: siapin beberapa tanggal yang mau lo incer buat pergi. Kalo di tanggal A tiketnya ga promo atau udah abis ganti tanggal B. Inget tanggal ini pas tanggal low season ya kalo mau murah.
Awalnya dengan polosnya gue bilang ke petugas travel agen: 

"Mba, Jakarta-Labuan bajo PP tanggal berapa aja deh yang paling murah."
Mbanya jawab: "Ga bisa, harus ada tanggalnya. Kalo ga saya harus ngecekin satu-satu per tanggal."
OMG polosnya diriku, gue kira bisa langsung keliatan harga termurah di tanggal berapa seperti pada saat cari tiket di apps Sky Scanner. Akhirnya gue pikirin deh tanggal yg low season, jadilah gue pilih tanggal di awal Bulan Puasa. Karena kalo di Indonesia kan low season itu pas bulan puasa. Ternyata tiketnya udah ludes! Jadi untuk tujuan-tujuan yang high demand, seperti Bali dan Labuan Bajo emang cepet banget abisnya. Yang banyak tersisa mungkin kota-kota lain yang bukan tujuan wisata utama orang Indonesia.
Udahlah ternyata gue ga bakat hunting tiket promo di travel fair gini. Mending hunting promo online aja, cuma perlu modal kuota dan kuat begadang. Ga perlu modal dengkul dan energi besar. Lalu Karena udah capek ampun-ampunan akhirnya gue memilih untuk cabut aja. Maaf di sana juga gue ga sempet foto-foto karena saking capeknya :(

Penting sekali untuk diingat, sebelum datang ke acara travel fair kaya gini perlu dipahami term and condition nya apa aja. Dan ini termasuk susah juga, karena biasanya pihak penyelenggara ga kasih info dengan detil aturan mainnya kaya gimana. Yang penting pajang aja harga-harga murah di tiap sosmed untuk nyedot masa.
Pun bulan sebelumnya, februari 2017 Air Asia pernah menyelenggarakan travel fair juga di Mall Kota Kasablanka. Gue sempet mau dateng, tapi ga jadi karena suatu urusan. Dan bener aja dong, gue cek akun twitter Air Asia, acaranya ngantri banget sampe luar kokas bahkan sebelum mallnya buka! Dan lebih parahnya kita cuma bisa beli 1 tiket doang per orang. Jadilah banyak orang yang sia-sia antri karena tadinya mau ajak sekeluarga dsb. 
Pffft Untung aja gue ga jadi kesini.

Jadi buat gue pribadi sih ya, agak kapok dateng ke acara travel fair. Mending hunting online ajalah. Dan kalo tujuannya deket yang mana durasi penerbangannya ga terlalu lama dan dicover sama maskapai lain, mending ga usah ke GATF. Mending naik maskapai lain aja yang lebih  murah karena ga sebanding dengan waktu dan energi yang terbuang.
Ada yang udah pernah dateng ke event travel fair dan beneran berhasil dapet tiket murah? Cerita-cerita dong buat mengobati rasa kapok gue (halah pret!)

4 comments:

  1. Hi.... Gantian mampir ke sini ya. Pengalaman saya malah lumayan bisa dapat tiket murah.

    Berikut pengalaman saya dan tips di GATF 2017

    http://tamasyadengananak.blogspot.co.id/2017/03/mengejar-cashback-di-gatf-2017-fase-1.html

    Dan pengalaman dan tips di GATF 2016
    http://tamasyadengananak.blogspot.co.id/2016/10/berburu-tiket-murah-di-garuda-travel.html

    Semoga membantu :)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Aku pertama kali dtg travel fair singapore airlines gandaria city. Dibantu ngantri sm adek dr jam 11 malem supaya dpt gelang cashback 1,5jt per org (pembelian tiket max.2 tiket, total cashback 3jt).

    Antrian rapi karna memang dibantu jaga security mall. Walaupun sempet rame pas pagi karna pergantian joki dan pembeli asli 😂.

    Masuk ke travel fair itu gratis. Pas masuk jg disuguhin teh dan kopi khusus yg dpt gelang karna antri semaleman kyknya 😅. Tp itu keren menurutku. Mrka menghargai usaha kita buat antri.

    Setelah tanya travel sana sini, tiket jkt-tokyo-osaka-jkt dapet harga 6jt. Tapi karna punya gelang, dpt cashback 1,5jt jd harganya cm 4,5jt.

    Gak hanya itu, travel tempat aku beli jg trnyata ngasih bonus voucher MAP 300rb.

    Worth it lah dicoba travel fair ini. 🙂

    ReplyDelete
  4. Aku pertama kali dtg travel fair singapore airlines gandaria city. Dibantu ngantri sm adek dr jam 11 malem supaya dpt gelang cashback 1,5jt per org (pembelian tiket max.2 tiket, total cashback 3jt).

    Antrian rapi karna memang dibantu jaga security mall. Walaupun sempet rame pas pagi karna pergantian joki dan pembeli asli 😂.

    Masuk ke travel fair itu gratis. Pas masuk jg disuguhin teh dan kopi khusus yg dpt gelang karna antri semaleman kyknya 😅. Tp itu keren menurutku. Mrka menghargai usaha kita buat antri.

    Setelah tanya travel sana sini, tiket jkt-tokyo-osaka-jkt dapet harga 6jt. Tapi karna punya gelang, dpt cashback 1,5jt jd harganya cm 4,5jt.

    Gak hanya itu, travel tempat aku beli jg trnyata ngasih bonus voucher MAP 300rb.

    Worth it lah dicoba travel fair ini. 🙂

    ReplyDelete